Bupati Aceh Tamiang kurban 8 ekor lembu peranakan limousin

Kuala Simpang – Bupati Aceh Tamiang Mursil secara pribadi kurban delapan ekor sapi tersebar di tiga titik pada momen Idul Adha 1443 Hijriyah/2022 Masehi.

“Tempatnya ada di Seruway dua ekor, Gedung Biara satu ekor dan Pendopo lima ekor,” rinci Mursil di Aceh Tamiang, Minggu.

Kendati jumlah hewan kurban tahu ini menurun, tetapi bobot sapi diperkirakan tak kalah dengan tahun lalu.

“Dulu 12 ekor, tahun ini meski delapan ekor tapi sapinya besar-besar jenis limousin,” tambah Mursil.

Mursil menjelaskan ke delapan ekor sapi kurban tersebut lima di antaranya sapi jenis peranakan limousin yang dibeli dari peternak lokal menggunakan dana pribadi.

“Pastinya seluruh sapi yang akan disembelih sudah melewati waktu karantina dan memiliki surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) untuk menghindari virus PMK,” ungkap Mursil.

Penyembelihan hewan kurban di Pendopo Bupati Kuala Simpang dilakukan usai shalat Idul Adha.Nantinya seluruh daging sapi akan didistribusikan kepada masyarakat di sekitar Pendopo Kuala Simpang dan Kecamatan Karang Baru. Begitu juga daging kurban di wilayah Seruway akan dibagikan kepada masyarakat di kampung halaman Bupati Mursil tersebut.

“Selain masyarakat, daging kurban juga didistribusikan ke dayah-dayah atau pondok pesantren dan masjid,” ungkap Mursil.

Sementara pada pelaksanaan shalat Idul Adha tahun ini Mursil bersama keluarga menunaikan di Masjid Raya Al Furqan Kota Kuala Simpang, Aceh Tamiang. (Ant)