Distan Aceh Tamiang Pelajari Pengembangan Bunga Krisan

Banda Aceh – Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan kabupaten Aceh Tamiang studi banding ke demplot Green House kebun bibit Bunga Krisan Jaya Mandiri di Kampung Paya Tumpi, Kecamatan Kebayakan Takengon sebagai upaya pengembangan bunga tersebut di daerah setempat.

“Kunjungan ini merupakan bagian mempelajari pengembangan budidaya bunga Krisan yang nantinya dapat meningkatkan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Aceh Tamiang,” kata Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan kabupaten Aceh Tamiang, Yunus di Aceh Tengah, Minggu.

Ia menjelaskan kunjungan tersebut juga merupakan bagian merespon arahan Bupati Aceh Tamiang dalam mendukung sektor pariwisata di daerahnya melalui agrowisata dan bersinergi dengan Dispora Aceh Tamiang.

Ia mengatakan dengan kunjungan tersebut nantinya pihaknya dapat mengadopsi serta mengembangkan bunga tersebut di Aceh Tamiang.

Menurut dia ada beberapa daerah seperti di kampung Bengkelang dan sekitarnya serta kecamatan Bandar Pusaka cocok dan sesuai untuk dikembangkan bunga Krisan karena memiliki keitinggian hingga 700 mdpl.

“Kami meyakini apa bila ini diterapkan, maka dapat meningkatkan pendapatan dan taraf hidup masyarakat di daerah sekitar,” katanya.

Kadistan Aceh Tengah Nasrun Liwanza menyatakan pihaknya sangat mendukung dan bersedia memberikan bantuan teknis jika diperlukan.

“Kami berharap dengan adanya demplot bunga Krisan ini dapat mendukung sektor pariwisata dan menjadikan Takengon sebagai Kota Bunga. Kegiatan ini tidak terlepas bantuan pemerintah dan Ketua DPRK Aceh Tengah,” katanya.

Pihaknya meyakini Takengon akan menjadi Kota Bunga yang nantinya akan meningkatkan pendapatan petani serta mendukung agrowisata, taman bunga dan buah buahan.

Dalam kunjungan tersebut, Yunus turut didampingi Kabid Produksi Irwan Hadi dan Peneliti BPTP Aceh Abdul Azis. (Ant)