Pemkab Aceh Barat Tanamkan Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Anak Usia Dini

Meulaboh – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) kini mulai menerapkan nilai Pancasila kepada anak usia dini, sebagai upaya melahirkan generasi yang cerdas, beriman dan berwawasan kebangsaan sejak dini.

“Bunda PAUD mempunyai peranan penting dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila dan agama kepada anak sejak dini,” kata Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS di Meulaboh, Kamis.

Ia mengatakan, peran Bunda PAUD diharapkan menjadi penyaring sekaligus pondasi bagi anak di masa depan, dalam menghadapi derasnya arus globalisasi yang terkadang bertentangan dengan ideologi Bangsa dan ajaran agama Islam.

“Bunda paud Bertanggung jawab terhadap pendidikan anak usia dini yang dilaksanakan secara berkisanambungan untuk melahirkan generasi cerdas dan berkualitas di masa yang akan datang,” katanya menambahkan.

Sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan, kata Ramli MD, pendidikan anak usia dini perlu mendapatkan perhatian serius dari semua pihak, karena masa depan bangsa sangat ditentukan dari pendidikan anak sejak dini

Oleh sebab itu, Ramli MS meminta kepada semua pengurus Bunda PAUD di Aceh Barat agar dapat membangun komunikasi serta koordinasi yang baik mulai dari tingkat kabupaten hingga ke kecamatan.

Dengan adanya sinergitas yang baik, semua program PAUD dapat dilaksanakan secara optimal dan sesuai dengan harapan pintanya.

“Melalui PAUD yang berkualitas, Aceh Barat bisa melahirkan calon pemimpin masa depan yang cerdas dan berakhlak mulia yang berbakti kepada bangsa dan negara ini di masa yang akan datang,” kata Ramli MS mengharapkan.

Sementara itu, Bunda PAUD Kabupaten Aceh Barat Evi Juwinda mengatakan lembaga ini memiliki peranan yang sangat penting dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas dan berkualitas di masa depan.

Pihaknya berharap peran Bunda PAUD di Aceh Barat agar dapat berperan aktif dalam mengimplementasikan program-programnya demi menjadikan anak Aceh Barat yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia.

Evi Juwinda juga berharap lembaga tersebut segera mewujudkan program PAUD Holistik Integratif (HI) di Kabupaten Aceh Barat meliputi layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan guna mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu. (Ant)