Unsyiah Kembangkan Pemasaran Produk Kreativitas Melalui Pasar Daring

Aceh Besar  – Unit bisnis Badan Layanan Umum Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Unsyiah Press mengembangkan aplikasi online atau marketplace yang bertujuan untuk memasarkan produk hasil kreativitas dan inovasi civitas perguruan tinggi tersebut.

Kepala Unsyiah Press Taufiq A. Gani di Darussalam, Banda Aceh mengatakan marketcplace yang disebut Commersyiana beralamat di https://unsyiahpress.unsyiah.ac.id/commersyiana sejak awal April 2020 sudah ikut ke dalam market place nasional yang sudah exist yaitu Tokopedia diÿhttps://www.tokopedia.com/unsyiahpressÿdan Shopee diÿhttps://www/shopee/co.id/unsyiahpress.

“Pengembangan ini dilakukan secara bersama oleh Unsyiah Press dan segenap staf, volunteer mahasiswa dan dukungan Pimpinan Universitas Syiah Kuala,” katanya.

Taufiq menjelaskan untuk menyambut Idul Fitri 1441 Hirjiah, Unsyiah Press menjalin kerja sama dengan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kota Sigli dalam rangka membantu memasarkan kue kering lebaran hasil produksi ibu-ibu yang sedang menjalani pembinaan di LP tersebut, yaitu dengan memanfaatkan marketplace tersebut.

Menurut dia dengan adanya aplikasi tersebut, masyarakat umum dapat membeli kue-kue lebaran melalui web Commersyiana, yaitu https://unsyiahpress.unsyiah.ac.id/commersyiana/lebaran-e-sale/ dan juga Tokopedia di alamat https://www.tokopedia.com/unsyiahpress/etalase/lebaran-e-sale.

“Pemesanan di Tokopedia mengikuti standar yang sudah berlaku di marketplace tersebut. Di Commersyiana juga demikian, pembeli melakukan order melalui alamat di atas, memilih metode pembayaran online dan penghantaran (shipping) yang disediakan,” katanya.

Taufiq mengatakan untuk pembayaran, Commersyiana tidak menerima pembayaran cash, tapi menggunakan pembayaran secara online dan casless sesuai dengan kebijakan tetap di Unsyiah Press.
Ia menambahkan untuk memudahkan pelayanan, saat ini Commersyiana sudah terintegrasi dengan payment gateway yang disediakan oleh Xendit, salah satu perintis perusahaan Fintech yang berlisensi dan terpercaya di Indonesia.

“Pembayarannya dapat dilakukan melalui internet dan mobile banking yang disediakan oleh Bank BNI, Mandiri, Permata. Selain itu, dapat juga dilakukan secara online melalui Kartu Kredit Visa dan Master, toko Alfamart Group. Sedangkan untuk e-Wallet OVO, DANA dan LinkAja akan diimplementasikan awal bulan Mei 2020 ini,” katanya.

Sementara untuk proses penghantaran (shipping), bisa dilakukan dengan cara ambil sendiri (local pickup) atau jasa kurir GoSend atau JNE. Aplikasi Commersyiana sudah terintegrasi lewat API (Application Program Interface) dengan GoSend atau JNE sebagai perusahaan jasa kurir dan juga Google Service sehingga jarak dan biaya penghantaran dapat dikalkulasi langsung dan ditambahkan dengan perbelanjaan barang.

Taufiq berharap semua fasilitas tersebutÿÿbisa memberikan manfaat bagi BLU Unsyiah dan Civitas di era moderen ini, sekaligus bisa mendorong masyarakat dalam menghasilkan produk-produk yang kreatif. (Ant)