Saat Pandemi PKK Aceh Barat Genjot Pertumbuhan Ekonomi Kaum Perempuan

Meulaboh – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Aceh Barat Evi Juwinda mengatakan pihaknya kini terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya kaum perempuan, melalui pembinaan 10 program pokok PKK.

“Salah satu peran PKK ditengah pandemi COVID-19 saat ini yaitu berupaya menumbuhkan perekonomian kaum perempuan, dengan gerakan pemberdayaan ekonomi masyarakat di pedesaan, termasuk koperasi,” kata Evi Juwinda di Meulaboh, Selasa.

Penegasan ini ia sampaikan ketika melakukan penilaian 10 program pokok PKK di Desa Gunong Pulo, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat.

Menurutnya, terdapat 10 program pokok PKK seperti penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong-royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan serta pengembangan kehidupan berkoperasi.

Dari sepuluh program tersebut, kata dia, salah satu program yang dikembangkan saat ini yaitu di bidang perekonomian masyarakat, dengan melaksanakan pendidikan pelatihan keterampilan menjahit bagi kaum perempuan di Aceh Barat.

Selain itu, program gemar menabung bagi perempuan juga dilakukan guna mendidik masyarakat agar dapat berhemat keuangan, sehingga diharapkan dapat melatih masyarakat menggunakan keuangan sesuai kebutuhan.

Bahkan dalam pengembangan koperasi, kata Evi Juwinda, ia juga mendorong kaum perempuan di Aceh Barat agar berperan dalam mengembangkan koperasi di desa, sebagai salah satu upaya memberdayakan ekonomi kaum perempuan.

“Sebagai kaum perempuan, saya berharap kaum ibu di Aceh Barat agar dapat terus mengembangkan 10 program pokok PKK, sehingga dapat mensejahterakan masyarakat di setiap desa khususnya dengan kegiatan bermanfaat seperti pemberdayaan ekonomi,” katanya mengharapkan. (Ant)