Alhudri: Sekolah di Aceh Wajib Melaksanakan Delapan Standar Nasional Pendidikan

Banda Aceh, – Kepala Dinas Pendidikan Aceh Alhudri menyatakan sekolah di Aceh wajib melaksanakan delapan standar nasional pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di daerah setempat.

“Pemerintah Aceh bertekad untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan dengan terus melakukan berbagai terobosan, salah satunya memastikan seluruh standar pendidikan nasional diterapkan secara maksimal di sekolah,” katanya di Bireuen, Jumat.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela meninjau langsung sejumlah sekolah SMA dan SMK di kabupaten itu guna memastikan terhadap laporan kinerja yang disampaikan kepala sekolah kepada dirinya.

Ia menjelaskan program Standar Nasional Pendidikan menjadi dasar bagi pemerintah untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan.

Ada pun delapan standar nasional pendidikan tersebut diantaranya standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar pendidikan dan tenaga kependidikan dan standar sarana dan prasarana.

Menurut dia evaluasi langsung ke sekolah juga merupakan salah satu terobosan seperti yang diharapkan Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Alhudri berharap dengan melaksanakan delapan standar nasional pendidikan tersebut dapat meningkatkan mutu pendidikan di Aceh, sehingga akan banyak siswa-siswi lulus ke Perguruan Tinggi dan bekerja di Dunia Usaha dan Dunia Industri.

Dalam kunjungan ke sekolah-sekolah tersebut, Alhudri juga memantau langsung ruang kerja kepala sekolah, ruang guru, ruang belajar, dan kamar mandi guru dan siswa.

“Perlu kerja keras kepala sekolah dan guru untuk membuat sekolah ini menjadi tempat yang nyaman untuk belajar,” kata Alhudri yang juga memantau pelaksanaan bersih, rapi, estetis, dan indah (Bereh). (Ant)