Aceh Akan Gelar 110 Kegiatan Wisata Sepanjang Tahun 2020

Banda Aceh, – Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh akan menggelar 110 kegiatan yang akan digelar sepanjang tahun 2020 dalam upaya meningkatkan kunjungan ke daerah setempat.

“Akan ada 107 tujuh kegiatan yang siap digelar di seluruh kabupaten/kota di Aceh pada tahun 2020 ini,” kata Kepala Disbudpar Aceh, Jamaluddin di Banda Aceh, Jumat.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela peluncuran awal kalender kegiatan Aceh 2020 dengan tema Aceh Hebat melalui ragam atraksi pesona wisata Aceh 2020 di Banda Aceh.

Ia menjelaskan penyelemggataan tagam atraksi pesona wisata berbasis apam dan budaya juga terangkum dalam COE Aceh 2020 yang juga bagian memperkuat posisi tawar Aceh sebagai ldestinasi wisata halal terbaik dunia.

Jamaluddin yang turut didampingi Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani mengatakan seratusan atraksi wisata yang siap digelar tersebut telah dikurasi dan dievaluasi oleh tim Disbudpar Aceh dengan ikut melibatkan seluruh pemangku kepentingan terkait dan Pemerintah Kabupaten/kota.

Ia menambahkan ada beberapa tujuan dari kegiatan peluncuran awal tersebur yakni memperkuat dan memantapkan branding cahaya Aceh (The Light of Aceh) kepada wisatawan nusantara dan mancanegara dan meningkatkan awareness wisnus dan wisman tentang Aceh sebagai destinasi wisata yang layak dikunjungi oleh wisatawan.

Kemudian mempromosikan mempromosikan Aceh sebagai destinasi wisata yang aman, nyaman dan menawan bagi wisatawan, memperkenalkan ragam atraksi wisata yang akan digelar sepanjang tahun 2020 dan mendukung pelaku industry pariwisata Aceh dalam menyusun paket wisata tematis 2020,

Selanjutnya membangun semangat dan komitmen pemerintah kabupaten/kota sebagai chief executive officer (CEO) dalam memperkenalkan daerah mereka masing-masing sebagai destinasi wisata yang ramah wisatawan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Aceh (number of tourist, length of stay, spending). (Ant)