Dinas Pendidikan Aceh Latih Proktor Sukseskan UNBK

Banda Aceh – Dinas Pendidikan Aceh melatih ratusan proktor dalam upaya menyukseskan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun Pelajaran 2019/2020 untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP)/MTS dan SMK, SMA/MA negeri dan swasta se- Aceh.

“Pelaksanaan UNBK, sangat bergantung pada orang yang menangani server UNBK yaitu proktor yang harus selalu siap, berdedikasi, dan handal dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya mengikuti pelatihan pelaksanaan UNBK 2020,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh, Teuku Nara Setia di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2020 untuk jenjang SMP/MTs, SMK, SMA/sederajat sudah seluruhnya menggunakan komputer atau UNBK di Aceh dan hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri, karena secara nasional belum seluruh provinsi melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Ia mengatakan pelatihan yang digelar tersebut juga merupakan bagian meningkatkan kualitas proktor disetiap sekolah untuk dapat menjamin lancarnya pelaksanaan UNBK pada tahun 2020 ini.
“Proktor adalah garda terdepan dalam menyukseskan pelaksanaan UN di Aceh,” katanya.

Sekdis juga meminta kepada para proktor di seluruh Aceh agar dapat serius mengikuti kegiatan tersebut sehingga dapat meminimalisir kendala yang akan terjadi pada saat UNBK berlangsung.

Sementara Ketua UN Aceh Tahun Pelajaran 2019/2020, Zulkifli mengatakan kegiatan pelatihan tersebut diikuti sebanyak 115 proktor yang berasal dari jenjang SMK, SMA/MA sebanyak 39 proktor dan jenjang SMP/MTs sebanyak 76 proktor.

“Proktor bertugas mengawasi mulai dari komputer dinyalakan hingga dimatikan, karenanya proktor bertanggungjawab terhadap server selama UNBK berlangsung, sehingga perlu sosialisasi dulu agar tidak ada kendala selama ujian,” katanya.  (Ant)