Bupati Aceh Barat Wajibkan Fasilitas Publik Sediakan Thermal Scanner

Meulaboh  – Bupati Aceh Barat H Ramli MS meminta agar seluruh fasilitas publik di daerah itu menyediakan alat pengukur suhu tubuh (thermal scanner), sabun cuci tangan dan antiseptik bagi masyarakat atau tamu yang mudah diakses.

Hal ini dimaksudkan agar penyebaran pandemi virus corona di masyarakat tidak terjangkit dan lebih mudah dicegah.

“Saya imbau semua lembaga yang melayani masyarakat, agar menyediakan alat yang dibutuhkan untuk mencegah sebaran virus corona, khususnya antiseptik dan sabun pencuci tangan,” kata Ramli MS, Selasa (17/3).

Tidak hanya itu, pemerintah daerah juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di daerah itu agar mengurangi aktivitas di tempat keramaian, serta melarang aksi kerumunan massa selama dua pekan ke depan hingga 30 Maret 2020 mendatang.

Ia juga meminta masyarakat agar menunda bepergian ke luar kota atau tempat keramaian sampai penyebaran COVID-19 terkendali.

“Saya berharap peran aktif seluruh komponen masyarakat agar berperan aktif untuk meningkatkan kebersihan di sarana umum, dan rajin membersihkan gagang pintu dan jendela, railing tangga atau alat yang sering disentuh secara umum,” katanya menambahkan.

Ia juga mengimbau agar masyarakat menunda kegiatan yang beresiko menimbulkan penyebaran covid-19 seperti hari besar keagamaan, apel, upacara dan aktifitas keramaian lainnya.

Ramli juga meminta masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat dan mengetahui gejala, tanda dan tata cara pencegahan virus corona dengan menerapkan pola hidup sehat. (Ant)