Wakapolda Aceh Terima Hasil Penelitian IKM, Kategorinya Sangat Baik

Banda Aceh – Wakapolda Aceh Brigjen Syamsul Bahri menerima hasil penelitian indeks kepercayaan masyarakat (IKM) yang dilaksanakan tim dari Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri di Ruang Kerjanya, Kamis, 16 Februari 2023.

“Wakapolda hari ini menerima hasil dari penelitian IKM yang dilaksanakan tim Puslitbang Polri di jajaran Polda Aceh,” kata Joko, lewat rilisnya, Kamis, 16 Februari 2023.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Joko Krisdiyanto menyampaikan, dalam salinan hasil yang diterima Wakapolda itu tertulis, bahwa nilai IKM Polri di Polda Aceh tahun 2023 adalah 89,18 persen.

Berdasarkan skor tersebut, sambungnya, maka tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja layanan kepolisian di wilayah Polda Aceh dapat dikategorikan sangat baik.

Mantan Kapolresta Banda Aceh itu juga menyampaikan, penelitian yang dipimpin Kombes Saefuddin Mohamad tersebut dilaksanakan pada lima satuan kerja (satker) Polres jajaran dan lima fungsi pelayanan operasional kepolisian, yaitu Polresta Banda Aceh, Polres Aceh Utara, Polres Lhokseumawe, Polres Bireun, dan Polres Pidie.

Adapun rincian skor IKM Polri per fungsi operasional kepolisian di wilayah Polda
Aceh adalah: Fungsi Binmas 84,90 persen, Intelkam 91,66 persen, Lalu Lintas 86,88 persen, Reskrim 90,40 persen dan Sabhara 92,09 persen.

Total responden yang mengisi kuesioner tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja kepolisian secara online pada lima satuan kerja Polres jajaran yang dijadikan objek penelitian di wilayah hukum Polda Aceh tahun 2023 adalah 1922 orang.

“Beberapa hal penting sudah dilaporkan tim Puslitbang untuk dilakukan peningkatan dan pembenahan, sehingga diharapkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja kepolisian ke depan akan makin baik,” demikian, kata Joko. (Rls)