Kepala BNPB Berharap Pemerintah Aceh Khususnya Dapat Meneribitkan qanun

Banda Aceh – Kepala BNPB, Doni Monardo berharap Pemerintah Aceh khususnya dapat meneribitkan qanun/peraturan daerah yang menyusun program mitigasi bencana berbasis vegetasi.

“Mitigasi berbasis vegetasi sebagai salah satu langkah tepat di tengah tingginya ancaman bencana alam di Aceh, mulai dari tsunami, banjir, longsor hingga badai,” kata Doni Monardo di Banda Aceh, Selasa.

Di sela-sela Rapat Koordinasi penanganan COVID-19 dan mitigasi bencana Wilayah Aceh di Gedung Serba Guna Kantor Gubernur Aceh, Ia menjelaskan penanaman pohon akan dapat mencegah bencana yang kerap terjadi di provinsi ujung paling barat Indonesia serta mengurangi dampak kerusakan.

“Bencana yang terjadi di Aceh dan daerah lainnya merupakan bencana berulang sehingga perlu antisipasi dengan penanaman pohon yang akarnya kuat,” katanya.

Ada pun beberapa jenis pohon yang dapat ditanami di Aceh sebagai langkah mitigasi berbasis vegetasi diantarannya cemara, bakau, ketapang, beringin, hingga pinago.

“Membangun mitigasi berbasis vegetasi adalah salah satu strategi bagi Pemerintah Aceh. Kalau tidak, jika bencana ini terulang di masa depan kita akan menyesal,” kata Doni.

Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 dan Mitigasi Bencana di Aceh itu diikuti unsur Forkopimda Aceh, SKPA dan pemerintah kabupaten/kota se Aceh yang berlangsung secara daring dan luring. (Ant)