Enam Sekolah Bernuansa Islami di Kabupaten Gayo Lues Dapatkan Penghargaan Dari Bupati

Gayo Lues – Enam sekolah bernuansa Islami di Kabupaten Gayo Lues mendapatkan penghargaan dari Bupati setempat.

Ketua Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Gayo Lues Djamaluddin Ilyas mengatakan, keenam sekolah tersebut terdiri dari sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di kabupaten tersebut.

“Kegiatan ini kita lakukan, untuk melihat sejauh mana sekolah bernuansa Islam telah berjalan,” katanya.

Ia menjelaskan indeks utama dinas pendidikan Gayo Lues salah satunya adalah sekolah bernuansa Islam.

Karena itu pihaknya melakukan evaluasi, apakan sekolah-sekolah di Gayo Lues memiliki nilai-nilai Islam.

Ia mengatakan, kriteria dari penilaian yang dilakukan ialah melihat sejauh mana sekolah tersebut menerapkan nilai-nilai Islam di lingkungannya termasuk sarana prasarana yang mendukung di sekolah tersebut seperti Mushalla.

“Kita juga melihat, apakah di sekolah itu murid dan gurunya mengadakan shalat berjamaah serta memiliki kaligrafi Islam di sekolahnya,”katanya

Ia mengatakan, dari 55 sekolah yang telah di SK kan oleh Dinas Pendidikan Gayo Lues, maka didapati enam pemenang tersebut.

“Saya berharap nantinya, untuk sekolah-sekolah yang menang terus meningkatkan dan sekolah yang belum menang memiliki motivasi untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut,”katanya.

Keenam sekolah tersebut terdiri dari tiga SD dan tiga SMP di Kabupaten tersebut, untuk tingkat sekolah dasar, yang meraih juara pertama ialah SD Negeri Percontohan Blangkejeren disusul dengan tempat kedua yaitu SD Negeri 2 Pining dan Juara ke tiga SD Negeri 3 Blangkejeren.

Tingkat SMP yang memperoleh juara pertama yakni SMP Negeri 1 Blangkejeren, disusul dengan peringkat kedua SMP Negeri 3 Blangkejeren dan ditempat ketiga SMP Negeri 1 Blangjerango. (Ant)