Donor Darah SKPA Kumpulkan Sebanyak 54 Kantong

Banda Aceh – Donor darah aparatur sipil negara (ASN) yang melibatkan tiga Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) berhasil mengumpulkan sebanyak 53 kantong darah.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto di Banda Aceh, Kamis mengatakan ke tiga SKPA tersebut masing-masing Dinas Pangan Aceh, Dispora Aceh dan Inspektorat Aceh.

“Kegiatan donor darah ini awalnya memang dimulai dari arahan Bapak Gubernur dan saat ini sudah menjadi kebiasaan para pegawai pemerintah Aceh dan setiap 3 bulan sekali mereka rata-ratanya rutin mendonorkan darah mereka,” kata Iswanto.

Ia mengatakan kegiatan donor darah yang telah dimulai sejak tahun 2020 tersebut merupakan kerja sama PMI Kota Banda Aceh dengan semua SKPA Pemerintah Aceh.

Menurut dia aksi donor darah rutin ASN tersebut terus dilaksanakan secara berkelanjutan guna memenuhi ketersediaan darah untuk rumah sakit yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar khususnya.

Pemerintah Aceh juga mengajak pemerintah Kabupaten dan Kota untuk ikut melakukan hal yang sama di daerah masing-masing.

“Pemerintah Aceh mengajak pemerintah kabupaten/kota untuk juga menerapkan disiplin donor darah guna membantu masyarakat, seperti pasien thalasemia yang rutin membutuhkan darah dan masyarakat lainnya,” kata Iswanto.

Iswanto melanjutkan, Pemerintah Aceh juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para ASN yang selama ini telah menyumbangkan darah mereka.

“Pemerintah menyampaikan terima kasih kepada teman-teman ASN dan kita bersyukur juga sejak program ini diluncurkan oleh Gubernur Aceh, banyak ASN yang telah menjadi pendonor rutin,” katanya.

Iswanto menyebutkan, kesediaan dan kesadaran para pegawai mendonor darah rutin sangat membantu PMI dalam penyediaan stok darah untuk kepentingan medis. (Ant)