Di Aceh Barat Satgas COVID-19 Tingkatkan Razia Masker

Meulaboh – Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Aceh Barat kini terus meningkatkan razia masker kepada masyarakat yang beraktivitas di luar rumah, termasuk sarana publik di daerah ini guna menghindari serangan virus corona jenis baru itu.

“Kalau biasanya kegiatan razia kita lakukan pada malam hari, dalam waktu dekat razia juga akan kita lakukan pada pagi, siang dan sore hari,” kata Plt Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah Kabupaten Aceh Barat Dodi Bima Saputra, Ahad malam.

Ia mengatakan, razia masker tersebut selama ini dilakukan secara gabungan melibatkan personel Polri, TNI, bersama petugas Satuan Polisi Pamong Praja dan petugas terkait lainnya.

Dasar hukum pelaksanaan kegiatan tersebut, kata Dodi, sesuai Intruksi Presiden Nomor No 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

Kemudian Intruksi Mendagri Nomor 5 Tahun 2021 tentang PPKM, Intruksi Gubernur Aceh Nomor 7 Tahun 2021, serta Peraturan Bupati Aceh Barat Nomor 32 Tahun 2020 tentang Penegakan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan, sebagai upaya pencegahan dan pengadalian COVID-19.

Dodi Bima Saputra juga menjelaskan razia yang dilakukan oleh tim gabungan tersebut dilakukan secara profesional, santun, tegas, humanis dan islami.

“Sejak peningkatan razia masker kita lakukan di Aceh Barat, Alhamdulillah sudah mulai ada kemajuan kepatuhan di masyarakat,” kata Dodi Bima Saputra menambahkan.

Meski sering ditemukan masih adanya masyarakat yang membandel dan tidak mematuhi penerapan protokol kesehatan terkait bahaya COVID-19, namun setelah diberikan pemahaman oleh petugas, masyarakat mematuhi aturan tersebut.

“Dari razia yang kita gelar selama ini setiap malam, sebagian besar warga mematuhi imbauan memakai masker dan protokol kesehatan yang dilakukan petugas,” katanya menuturkan. (Ant)