Aceh Raih Juara Festival Bintang Vokalis Gambus dan Pop Religi di NTB

Banda Aceh – Tiga penyanyi Aceh berhasil meraih juara festival bintang vokalis gambus dan pop religi tingkat nasional yang digelar di Taman Budaya, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kepala Bidang Bahasa dan Seni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Nurlaila Hamjah dalam keterangan tertulis diterima di Banda Aceh, Senin, mengatakan festival digelar 3 hingga 5 Desember 2021.

“Disbudpar Aceh memfasilitasi grup gambus Lasqi Aceh bertarung di kancah nasional tersebut. Alhamdulillah, berhasil meraih juara tiga, harapan dua, dan harapan tiga,” kata Nurlaila.

Nurlailai mengatakan juara tiga diraih Hasca Safira untuk bintang vokalis pop religi remaja putri, juara harapan dua diraih Miftahul Jannah Arif untuk bintang qasidah dewasa putri.

“Sedangkan Naufal Quraisyi Ambiya meraih juara harapan tiga untuk bintang vokalis anak-anak qaidah putra. Penampilannya peserta dari Aceh memadukan konsep Arab di busana dan rias,” katanya

Nurlaila mengatakan bintang vokalis pop religi remaja putri asal Aceh Hasca Safira mengawali perlombaan di urutan pertama malam pembukaan finalis festival bintang vokalis gambus dan pop religi tersebut.

“Dara dengan nama panggilan Acha ini cukup percaya diri tampil sebagai peserta pembuka di hadapan seluruh penonton dengan membawakan lagu berjudul Dealova,” kata Nurlaila.

Sementara itu, Nauval Quraisyi Ambiya sebagai bintang vokalis anak-anak qasidah putra membawakan lagu berjudul Balaghal U’lha dengan cukup baik, diikuti oleh Miftahul Jannah Arif yang membawakan lagu Alfi Wa Laela pada berikutnya.

“Miftah sudah berusaha semaksimal mungkin demi tampil sebagai yang terbaik. Alhamdulillah Aceh bisa membawa pulang predikat sebagai juara tiga, harapan dua, dan harapan tiga di ajang nasional tersebut,” pungkas Nurlaila.(Ant)